Wakil Bupati Indra Gunawan Lepas Secara Resmi Pawai Taruf MTQ ke XXIV Kecamatan Rambah

Wakil Bupati Indra Gunawan Lepas Secara Resmi Pawai Taruf MTQ ke XXIV Kecamatan Rambah

HandalNews Rohul/Riau | Pembukaan MusabaqohnTilawatil Qur'an(MTQ) tingkat Kecamatan Rambah ke XXIV tahun 2024 berlangsung meriah dengan diawali pelepasan Pawai Taruf yang dilepaskan secara resmi oleh Wakil Bupati(Wabup) Rokan Hulu(Rohul)dengan rute dimulai dari Masjid Al Hikmah menuju Kantor Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Selasa (9/1/2024).

Meski sempat diterjang hujan deras pembukaan Pawai Ta'aruf MTQ ke XXIV  Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tetap berjalan lancar dan  meriah dengan diikuti ratusan peserta Pawai dari  pelajar di tingkat SD,SMP dan SLTA di seputaran Kecamatan Rambah dan Masyarakat.

Tampak hadir mendampingi Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan, Kemenag Rohul H.Zulkifli Syarif, S.Ag, Kabag Kesra Rohul Um Zakirman, Camat Rambah Zulfan Alwi, KUA Rambah Agus, Kades Pematang Berangan, Rusdi Hidayatullah SKM, serta seluruh Kades se Kecamatan Rambah.

Dalam pelaksanaan MTQ XXIV tingkat Kecamatan Rambah tersebut, Desa Pematang Berangan berkesempatan menjadi tuan rumah bagi beberapa Desa dan Lurah yang ada di Kecamatan Rambah.

Dalam Laporannya Kepala Desa Pematang Berangan Rusdi Hidayatullah,Skm selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa MTQ ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2024 sampai dengan 11 Januari 2024 di Desa Pematang Berangan yang terletak di tiga tempat pelaksanaan yang pertama masjid khairunnas, Aula Desa Pematang Berangan dan Masjid Nurul Anbiya, dengan Pusat pelaksanaan di Astaka MTQ Desa Pematang barangan yang terletak di halaman masjid Nurul anbiya tepatnya di belakang kantor desa Pematang Berangan.

Lanjutnya, Dalam MTQ ini ada tiga cabang perlombaan yang dilombakan yang Pertama seni baca alquran yang terdiri dari tartil Alquran tilawah anak-anak putra dan putri, tilawah remaja putra dan putri, tilawah dewasa putra dan putri, Kedua Tahfiz untuk kategori pertama satu juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz dan tilawah, 20 juz dan tilawah, 30 juz dan tilawah. Untuk lomba Ketiga syarhil quran.

Sementara itu Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan mengaku kegiatan MTQ ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan Kalam Ilahi serta untuk meneguhkan kesuciannya.

"Dan untuk memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci Al Quran bagi kita sebagai umat Islam," kata Wabup.

 Dengan adanya kegiatan ini juga, pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu juga berharap dapat meningkatkan nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan antar kafilah di arena MTQ.

 "Musabaqoh Tilawatil Qur'an dapat terus di laksanakan dalam rangka mengukuhkan silaturahmi dan kebersamaan sehingga semakin kuat bersinergi membangun keagamaan, perekenomian dan kesejahteraan," tambah Wabup.

Dia juga berpesan agar kiranya peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan belaka, melainkan lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang terkandung  didalam Al Qur'an baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Kepada ratusan peserta MTQ, Wabup juga berjanji akan memberikan hadiah berupa Umroh kepada sang pemenang Juara Umum pada perhelatan MTQ XXIV tingkat Kecamatan Rambah ini.

Sementara itu Camat Rambah, H. Zulfan Alwi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum akbar tahunan dan diharapkan dapat melahirkan qori dan qoriah handal untuk bertanding di tingkat MTQ kabupaten Rohul nanti.

"Pelaksanaan MTQ XXIV Tingkat Kecamatan Rambah Tahun 2024 akan berlangsung dari tanggal 09 Januari hingga 11 Januari 2024, yang mana diikuti oleh peserta dari satu kelurahan dan 13 desa," jelas Camat.(MCKominfo/ra)

Komentar Via Facebook :